Menentukan kebutuhan kerja Anda akan membantu merampingkan pencarian kerja Anda dengan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan resume Anda dan kegiatan pencarian kerja untuk memenuhi tujuan karir Anda.
Apabila Anda diterima di suatu perusahaan, ini berarti Anda bergabung dengan tim yang sudah ada yang memiliki kepribadian sendiri dan lingkungan kerja. Perusahaan mencari orang yang dapat menambah nilai tim ini, memenuhi persyaratan tertentu dan berbaur ke dalam lingkungan kerja dengan baik. Mengetahui siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan, ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi apakah Anda mungkin cocok untuk perusahaan tersebut.
Luangkan waktu sebentar untuk meninjau pertanyaan-pertanyaan untuk menyoroti tujuan Anda dalam pencarian kerja Anda:
- Mengapa Anda mencari pekerjaan?
- Mengapa Anda menerima posisi Anda saat ini atau pekerjaan terakhir Anda?
- Tanggung jawab pekerjaan apa yang paling Anda sukai?
- Tanggung jawab pekerjaan apa yang sedikit Anda sukai?
- Apakah Anda tertarik dalam mengubah bidang pekerjaan?
- Apa faktor yang paling penting dalam memilih pekerjaan Anda berikutnya?
- Lokasi?
- Jam kerja?
- Lingkungan kerja?
- Yang lainnya?
Inventarisasi pribadi
Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk membantu Anda memahami apa yang Anda inginkan dari suatu pekerjaan. Kadang-kadang kita mengambil pekerjaan yang kita anggap tepat bagi kita, tetapi mereka tidak cocok dengan kepribadian kita. Jujurlah dengan diri Anda sendiri.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut disertai dengan penjelasan.
- Adalah full time job penting bagi Anda?
- Apakah Anda memiliki kewajiban yang mengharuskan Anda untuk memiliki jam kerja yang fleksibel?
- Apakah mudah bagi Anda untuk berbicara dengan orang lain?
- Apakah Anda kompetitif ? Apakah menyenangkan bagi Anda untuk bersaing dengan orang lain dalam sebuah tim?
- Apakah Anda menikmati bekerja dalam sebuah tim?
- Apakah Anda lebih suka bekerja sendirian?
- Apakah Anda menikmati mengajar orang lain?
- Apakah Anda menikmati bekerja dengan orang lain? Membangun sesuatu bersama-sama?
- Apakah Anda oriented to detail? Apakah Anda menyukai bekerja dengan data dan angka?
- Apakah Anda ingin bekerja di luar atau di lingkungan kantor?
- Apakah Anda lebih suka bekerja dari rumah ?
- Apakah Anda kreatif?
Sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tentang kemampuan dan preferensi pekerjaan, luangkan waktu untuk merenungkan tujuan karir Anda. Pikirkan tentang di mana Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada di 10-20 tahun. Tindakan apa yang bisa Anda ambil untuk mencapainya? Banyak perusahaan membutuhkan tingkat pengalaman tertentu dan pendidikan untuk mengisi posisi pekerjaan. Apakah Anda membutuhkan pendidikan tambahan untuk memenuhi tujuan Anda? Jika demikian, apakah Anda melihat pekerjaan yang Anda cari untuk saat ini menawarkan manfaat pendidikan seperti penggantian biaya kuliah atau bantuan keuangan. Anda juga mungkin ingin berpikir tentang apakah pekerjaan yang Anda sedang cari sekarang akan memberikan pengalaman yang diperlukan untuk perjalanan karir Anda ke depan.